26 April 2016

Contoh Soal UN SMP Bahasa Indonesia Berdasarkan Kisi-kisi 2017

Ujian nasional SMP/MTs dengan mata pelajaran bahasa Indonesia akan dilaksanakan serentak dikisaran bulan Mei. Itu artinya waktu semakin dekat, dan apakah teman-teman sudah mempersiapkan dengan sebaik-baiknya untuk UN bahasa Indonesia mendatang? Tidak ada kata terlambat untuk belajar bagi teman-teman yang dirasa persiapannya belum matang atau justru belum mempersiapkan sama sekali.

Memperbanyak latihan contoh-contoh soal berdasarkan kisi-kisi yang ditetapkan pemerintah adalah langkah yang tepat dan cerdas untuk sukses menghadapi ujian nasional. Selain agar tidak membebani otak terlalu berat, belajar sesuai kisi-kisi juga akan menghemat banyak waktu agar teman-teman dapat lebih fokus mempelajari seluruh mata pelajaran yang diujikan diujian nasional 2017 mendatang. Dan untuk membantu teman-teman mengenal lebih banyak lagi jenis-jenis soal ujian nasional yang akan diujikan, berikut adalah prediksi contoh soal UN SMP/MTs bahasa Indonesia tahun ajaran 2016/2017 berdasarkan kisi-kisi resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Berlatih soal ujian nasional

Contoh Soal Ujian Nasional SMP/MTs Bahasa Indonesia Berdasarkan Kisi-kisi 2017

Mengidentifikasi Isi dan Bagian Suatu Teks
    1. Perhatikan paragraf berikut.
      Suasana di sekitar tawuran SMPN 2 dan SMPN 5 Surabaya masih terlihat sangat ricuh. Masih sering terlihat beberapa siswa dari kedua sekolah tersebut berkeliling di lokasi tawuran. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, beberapa polisi disiagakan. Polisi pun telah memasang garis polisi di lokasi kejadian tawuran antarpelajar tersebut.

      Gagasan utama paragraf tersebut adalah ...
        1. Suasana lokasi tawuran SMPN 2 dan SMPN 5 masih ricuh.
        2. Siswa SMPN 2 dan SMPN 5 masih bersiaga di lokasi tawuran.
        3. Polisi disiagakan di SMPN 2 dan SMPN 5.
        4. Garis polisi telah dipasang di lokasi tawuran antara SMPN 2 dan SMPN 5.
      Jawaban:
      Gagasan utama harus diambil dari kalimat utama suatu paragraf. Kalimat utama paragraf di atas adalah kalimat pertama sehingga gagasan utama yang sesuai kalimat utama adalah "Suasana lokasi tawuran SMPN 2 dan SMPN 5 masih ricuh". (A)


      Menentukan Persamaan Isi Berita
      1. Perhatikan kutipan 2 berita berikut.
        Berita 1
        Tiga  orang warga dilaporkan meninggal akibat banjir bandang yang melanda kawasan Cipete Jumat (11/9) sekitar pukul 01.30 itu. Banjir dari sungai Pete ini diakibatkan oleh hujan yang terus mengguyur daerah tersebut sejak dua hari yang lalu.

        Berita 2
        Banjir setinggi 1,5 meter melanda Bekasi Jumat (11/9) dan membuat warga panik. Pasalnya, daerah tersebut tidak pernah terkena banjir. Warga yang belum sempat menyelamatkan diri terpaksa mengungsi ke daerah-daerah yang lebih aman.

        Persamaan kedua berita tersebut adalah ...
        1. Korban kejadian.
        2. Waktu kejadian.
        3. Kerugian akibat kejadian.
        4. Lokasi kejadian.
      Jawaban:
      Persamaan kedua berita di atas adalah pada persamaan waktu kejadian, yaitu sama-sama terjadi pada hari Jumat 11 September. (B)


      Menentukan Perbedaan Isi Berita
      1. Perhatikan kutipan 2 berita berikut.
        Berita 1
        Minggu (17/11) terjadi banjir di daerah Argomulyo. Banjir ini merupakan banjir yang paling parah terjadi di RT 45 RW 15, Kelurahan Argomulyo. Ketinggian luapan air mencapai 100-150 cm. Badan Penanggulangan Bencana Daerah meminta semua aparat tanggap terhadap bencana banjir tersebut.

        Berita 2
        Banjir telah menjadi ancaman bagi daerah-daerah di Jakarta. Banjir besar yang melanda Jakarta pada pertengahan tahun kemarin mengakibatkan sebanyak 1.360 keluarga di Bekasi menjadi korban. Kerugian infrastruktur terutama rumah mencapai Rp 24,3 miliar. Belum lagi kerusakan jalan dan drainase.

        Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah ...

      2. Teks Berita 1 Teks Berita 2
        A. Diawali dengan unsur berita dimana Diawali dengan unsur berita kapan
        B. Diawali dengan unsur berita kapan Diawali dengan unsur berita apa
        C. Diawali dengan unsur berita apa Diawali dengan unsur berita bagaimana
        D. Diawali dengan unsur berita bagaimana Diawali dengan unsur berita dimana
      Jawaban:
      Kedua teks berita tersebut disajikan berbeda. Perbedaan tersebut adalah :

      Teks berita 1: diawali dengan kalimat yang menunjukkan waktu (unsur berita kapan)
      Teks berita 2: diawali dengan kalimat yang menunjukkan objek (unsur berita apa). (B)


      Mengidentifikasi Teks Biografi/Iklan
      1. Cermati iklan berikut.
        Kejahatan
        INTERNET
        Mengincar ANDA!!
        Kenali
        Waspadai
        dan Hindari
        Terhadap Tindakan
        Kejahatan Internet
        Stop Cyber
        Crime

        Iklan layanan masyarakat ini didukung
        www.soalujiannasional.org

        Maksud kalimat "Kejahatan INTERNET Mengincar Anda" dalam teks iklan tersebut adalah ...
        1. Hati-hati internet Anda menjadi incaran penjahat.
        2. Hindarilah internet karena kejahatan mengincar Anda.
        3. Kurangi menggunakan internet yang selalu mengincar Anda.
        4. Hati-hatilah terhadap kejahatan melalui jaringan internet.
      Jawaban:
      Maksud kalimat "Kejahatan INTERNET Mengincar Anda" dalam teks iklan tersebut adalah hati-hatilah terhadap kejahatan melalui jaringan internet. (D)


      Menyimpulkan Isi Paragraf
      1. Perhatikan paragraf berikut.
        Air dalam kehidupan manusia ini ada kalanya memiliki sisi positif, tetapi air dapat pula memberikan sisi negatif. Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap makhluk hidup membutuhkan air. Bila musim kemarau tiba, masyarakat resah apabila tidak ada air. Namun, kita tentu juga tidak bisa menutup mata terhadap banyaknya bencana akibat air. Sebut saja banjir yang selalu terjadi di negeri ini yang bersumber dari banyaknya air yang tidak dapat diserap tanah atau dialirkan ke sungai.

        Simpulan paragraf tersebut adalah ...
        1. Air bagi manusia memiliki sisi positif dan negatif dalam kehidupan manusia.
        2. Banjir adalah salah satu sisi negatif air yang belum bisa ditangani pemerintah.
        3. Masyarakat banyak yang mengeluhkan sisi positif dan negatif air di sekitarnya.
        4. Air tidak akan memberikan efek negatif dalam kehidupan manusia jika dikelola dengan baik.
      Jawaban:
      Sebuah simpulan paragraf tentu tidak akan terlepas dari gagasan utama paragraf tersebut. Karena paragraf tersebut berjenis paragraf deduktif, simpulan yang tepat yang sudah mengandung gagasan utama adalah jawaban (A)


      Mengidentifikasi Isi Grafik, Tabel, Bagan, dan Denah
      1. Perhatikan grafik berikut.
        Grafik Jumlah Pengunjung Kebun Binatang Gembira Loka Agustus - Desember 2016

        Grafik Jumlah Pengunjung Kebun Binatang

        Simpulan grafik tersebut adalah ...
        1. Jumlah pengunjung Gembira Loka paling banyak bulan Agustus.
        2. Jumlah pengunjung Gembira Loka bulan November mengalami penurunan.
        3. Jumlah pengunjung Gembira Loka paling banyak bulan Desember.
        4. Jumlah pengunjung Gembira Loka selalu meningkat.
      Jawaban:
      Berdasarkan grafik di atas sangat jelas bahwa pada bulan Desember jumlah pengunjung di Kebun Binatang Gembira Loka paling banyak dibandingkan bulan-bulan lain. (C)


      Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Puisi
      1. Perhatikan puisi berikut.
        Sepi di luar, sepi menekan mendesak
        Lurus kaku pepohonan tak bergerak
        Sampai ke puncak

        Suasana kutipan puisi tersebut adalah ...
        1. Hening.
        2. Takut.
        3. Haru.
        4. Sedih.
      Jawaban:
      Suasana puisi yang bertemakan kesunyian tersebut adalah hening. (A)


      Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Cerita Pendek/Cerita Anak
      1. Perhatikan kutipan cerita berikut.

        "Ma, pacaran itu apa?" Vinny tiba-tiba bertanya.

        Pertanyaan yang membuat Mama seperti tersedak, menoleh ke tempat duduk Vinny. "Kau bertanya apa tadi?" Memastikan kupingnya tidak salah mendengar.

        "Tadi di sekolah, teman-teman bilang kalau Herry dan Nana pacaran. Memangnya pacaran itu apa, Ma?" Vinny yang masih kelas tiga, mengulang pertanyaan sambil mengunyah sayur bayam.

        Watak tokoh Vinny dalam kutipan cerita tersebut digambarkan melalui ...
        1. Uraian pengarang langsung.
        2. Dialog antartokoh.
        3. Tindakan tokoh.
        4. Lingkungan tokoh.
      Jawaban:
      Tokoh Vinny dalam kutipan cerita tersebut digambarkan sebagai seorang anak yang memiliki sifat ingin tahu. Hal itu dapat kita lihat dari dialog Vinny yang bertanya kepada Ibunya tentang pacaran. (B)


      Mengidentifikasi Perbedaan Karakteristik Dua Novel
      1. Perhatikan kedua kutipan novel berikut.

        Novel 1
        Aku tiada mengerti akan hidup ini. Setiap hari aku hanya berjalan menyusuri jalan yang entah kemana akan membawaku. Aku berjalan mencari sesuatu yang tak kuketahui. Aku hanya percaya bahwa diujung perjalananku ada tempat yang tepat untuk kusinggahi.

        Novel 2
        Riada terus marah-marah di dalam kamar. la merasa sangat kesal kepada kakaknya yang telah mengambil buah Mangga di kulkas, padahal ia ingin memakannya ketika berbuka puasa nanti. la lebih sedih karena buah itu bukan buah mangga biasa karena buah mangga itu pemberian Rahardian, pacarnya.

        Perbedaan kedua kutipan tersebut adalah ...
        1. Novel 1 menggunakan alur mundur, novel 2 alur maju.
        2. Novel 1 berlatar di sekolah, novel 2 di rumah.
        3. Novel 1 sudut pandang orang pertama, novel 2 sudut pandang orang ketiga.
        4. Novel 1 menggunakan bahasa sehari-hari, novel 2 bahasanya susah dipahami.
      Jawaban:
      Berdasarkan kutipan tersebut, novel 1 menggunakan sudut pandang orang pertama (dengan kata ganti "aku"), sedangkan novel 2 menggunakan sudut pandang orang ketiga (dengan menyebut nama, dan kata ganti orang ketiga yaitu "ia"). (C)


      Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Drama
      1. Perhatikan kutipan drama berikut untuk menjawab soal.
        Pak Bayu : "Kamu harus bertanggung jawab atas sikapmu ini Wan. Sekolah sudah tidak tahu lagi cara mengatasimu."
        Wawan : "Tapi...tapi, Pak. Saya memukul Agung karena saya diejek terus."
        Pak Bayu : "Meskipun begitu tak ada yang mengatakan bahwa memukul teman hingga harus dirawat di rumah sakit itu tindakan yang betul."
        Wawan : "Saya mengaku salah, Pak. Tapi saya mohon jangan beri tahu orang tua saya masalah ini."
        Pak Bayu : "Hal sebesar ini tak boleh saya beri tahukan kepada orang tuamu?"
        Wawan : "Ayah saya sedang sakit keras, Pak. Saya tidak bisa membayangkan jika ayah saya sampai tahu hal ini."
        Pak Bayu : "Tapi saya juga harus menegakkan aturan. Kamu selama satu minggu harus pulang belakangan untuk membantu Pak Adam membersihkan sekolah."
        Wawan : "Baik, Pak. Terima kasih."

        Watak Pak Bayu dalam kutipan drama tersebut adalah ...
        1. Keras kepala
        2. Pemarah
        3. Pemaaf
        4. Bijaksana
      Jawaban:
      Pak Bayu adalah seorang yang bijaksana karena mau memberikan hukuman kepada siswa yang bersalah. Pak Bayu juga mau mempertimbangkan pendapat siswa, tidak hanya ingin benarnya sendiri. (D)


      Menulis Catatan Pengalaman pada Buku Harian
      1. Perhatikan ilustrasi berikut.
        Mungkin hari ini adalah hari yang tidak akan dilupakan Nindy. Minggu, 24 April 2016, Nindy dan keluarga pergi jalan-jalan ke Solo naik kereta prameks. Mereka sepakat untuk turun di stasiun Purwosari, tetapi karena saat turun berdesakan, semua keluarga sudah turun Nindy terbawa kereta sampai stasiun berikutnya. Nindy pun dibawa ke pos jaga di Stasiun Balapan sambil menunggu keluarganya.

        Kalimat yang terpat dituliskan Nindy dalam buku harian sesuai ilustrasi tersebut adalah ...
        1. Aku sedih sekali hari ini, Minggu 24 April 2016. Aku terpisah dengan keluarga saat jalan-jalan ke Solo. Keluargaku turun di Stasiun Purwosari, tetapi karena berdesakan aku belum turun dan aku terbawa sampai Stasiun Balapan. Akhirnya, aku dibawa petugas ke pos jaga sambil menunggu keluargaku menjemput.
        2. Minggu, 24 April 2016. Sungguh hari yang tak akan terlupakan. Aku dan keluarga baru pertama kali jalan-jalan ke Solo. Kami pun baru pertama naik kereta pramek. Sayangnya, aku tersesat di dalam kereta hingga ke stasiun selanjutnya.
        3. Nindy memang tidak pernah  bisa melupakan hari itu, Minggu 24 April 2016. Betapa tidak, Nindy seolah dibiarkan saja tidak turun dari kereta sementara keluarga lain turun di stasiun Purwosari. Nindy pun harus tersesat di stasiun Balapan.
        4. Dia tak mengira mengalami nasib semalang ini pada hari Minggu, 24 April 2016. Nasib malang pertama, ia tidak suka naik kereta api yang berdesakan. Belum lagi ia menanggung kemalangan karena tersesat di Stasiun Balapan.
      Jawaban:
      Buku harian hendaknya menggunakan kata ganti orang pertama, sesuai ilustrasi, dan mengungkapkan ungkapan hati. Jawaban yang sesuai syarat tersebut adalah jawaban (A)


      Menulis Catatan Pengalaman pada Buku Harian
      1. Perhatikan ilustrasi berikut.
        Menjelang bulan Agustus Pembina OSIS SMP Bakti Husada menerima surat dari kepala sekolah untuk mempersiapkan 25 siswa yang akan mengikuti paduan suara dalam upacara HUT ke-67 RI. Pembina OSIS meminta ketua OSIS untuk mengoordinasi peserta paduan suara tersebut.

        Kalimat memo yang sesuai ilustrasi tersebut adalah ...
        1. Koordinasikan 25 peserta paduan suara yang akan mengikuti HUT ke-67 RI, Rabu 17 Agustus 2012.
        2. Segera bentuk paduan suara untuk memperingati HUT ke-67 RI tanggal 17 Agustus 2012.
        3. Tolong kumpulkan segera anggota OSIS yang bersuara merdu untuk menjadi anggota paduan suara RI.
        4. Harap mengikuti saran kepala sekolah untuk segera melakukan rapat persiapan HUT ke-67 RI.
      Jawaban:
      Baris ilustrasi, pembina OSIS meminta ketua OSIS untuk mengoordinasi 25 peserta paduan suara yang akan tampil pada saat peringatan HUT ke-67 RI, yaitu Rabu, 17 Agustus 2012. (A)


      Menulis Pesan Singkat sesuai Konteks
      1. Perhatikan ilustrasi berikut.
        OSIS SMP Mutiara akan melaksanakan lomba Dimas Diajeng dalam rangka memperingati Hari Kartini. Lomba tersebut akan diikuti oleh masing-masing perwakilan kelas VII, VIII, dan IX. Pembina OSIS mengingatkan ketua OSIS agar segera mengadakan rapat untuk membentuk panitia kegiatan tersebut.

        Kalimat memo yang sesuai ilustrasi tersebut adalah ...
        1. Panitia lomba Hari Kartini harus segera melakukan rapat pemantapan kerja lomba Dimas Diajeng.
        2. Adakan lomba Dimas Diajeng untuk memperingati Hari Kartini agar diikuti siswa kelas VII, VIII, dan IX.
        3. Segera adakan rapat pembentukan panitia lomba peringatan Hari Kartini.
        4. Tolong lomba peringatan Hari Kartini dirapatkan kembali dengan kepala sekolah.
      Jawaban:
      Baris terakhir ilustrasi tersebut menyatakan bahwa pembina OSIS meminta agar ketua OSIS mengadakan rapat pembentukan panitia pelaksanaan lomba Hari Kartini. (C)


      Menulis Laporan/Pengumuman/Resensi
      1. Cermati pengumuman berikut.
        Diharapkan agar seluruh warga masyarakat di RT saya besok pagi berkumpul di lapangan desa pukul 08.00. Warga harap membawa alat untuk melakukan gotong-royong bersih desa dalam rangka menyambut HUT ke-65 RI.

        Pengumuman tersebut masih belum lengkap karena ...
        1. Tidak disebutkan jenis-jenis alat untuk dibawa.
        2. Tidak disebutkan waktu menyambut HUT ke-65 RI.
        3. Tidak disebutkan cara membersihkan desa.
        4. Tidak disebutkan alamat warga yang dituju.
      Jawaban:
      Dalam pengumuman tersebut hanya disebutkan seluruh warga yang ada di RT saya, tetapi belum jelas warga dusun mana dan RT berapa sehingga bisa membuat pendengarnya bingung. (D)


      Melengkapi Surat Pribadi, Surat Dinas, Surat Pembaca
      1. Perhatikan kutipan penutup surat dinas berikut.
        Atas perhatiannya Bapak saya menghaturkan banyak terima kasih.

        Kalimat yang tepat untuk memperbaiki penutup surat dinas tersebut adalah ...
        1. Atas perhatiannya, saya menghaturkan terima kasih.
        2. Atas perhatiannya Bapak, saya mengucapkan terima kasih.
        3. Atas perhatian Bapak, saya mengucapkan terima kasih.
        4. Atas perhatian Bapak, saya mengucapkan banyak terima kasih.
      Jawaban:
      Penutup surat dinas hendaknya menggunakan bahasa resmi. Syarat bahasa resmi antara lain harus menggunakan ejaan yang tepat dan hemat. (C)


      Menulis Rangkuman
      1. Perhatikan paragraf berikut.
        Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan orang tua untuk kesehatan anaknya yang sudah menginjak usia sekolah dasar. Pertama, tanamkan kebiasaan anak untuk makan di rumah agar anak tidak terbiasa membeli makanan di luar rumah. Kedua, siapkan bekal makanan sehat untuk anak. Usahakan bekal tersebut variatif agar anak tidak bosan dengan bekal tersebut.

        Rangkuman yang paling tepat untuk paragraf tersebut adalah ...
        1. Anak yang terbiasa makan di rumah dan membawa bekal ke sekolah pasti sehat.
        2. Kesehatan anak SD sepenuhnya tanggung jawab orang tua meskipun anak tersebut di sekolah.
        3. Orang tua dapat memperhatikan kesehatan anaknya dengan membiasakan makan di rumah dan membawa bekal ke sekolah.
        4. Bekal yang variatif sangat diperlukan seorang anak agar tidak berkeinginan jajan makanan yang tidak sehat.
      Jawaban:
      Rangkuman hendaknya mengandung ide pokok paragraf tersebut. Akan tetapi, selain mengandung ide pokok rangkuman juga dapat dilengkapi dengan kalimat lain yang menjelaskan paragraf tersebut sehingga rangkuman paragraf tersebut yang paling tepat adalah Orang tua dapat memperhatikan kesehatan anaknya dengan membiasakan makan dirumah dan membawa bekal ke sekolah. (C)


      Menulis Teks Berita dengan Konteks dan Slogan sesuai Konteks
      1. Perhatikan ilustrasi berikut.
        Untuk membudayakan hidup bersih, hendaknya di mulai dari lingkup kelas. Karena menurut beberapa survei, kebersihan lingkungan kelas juga berpengaruh dengan minat belajar siswa. Dengan minat belajar yang tinggi, tentu prestasi siswa juga akan meningkat.

        Slogan yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ...
        1. Bersih kelasku bersih pikiranku.
        2. Kelasku bersih, pikiranku jernih, prestasi kuraih.
        3. Prestasi tinggi hanya bila kelas bersih.
        4. Timbulkan semangat bersihkan lingkungan kelas.
      Jawaban:
      Kalimat slogan hendaknya menarik, singkat, dan padat. Kemenarikan tersebut salah satunya bisa dibuat dengan menggunakan perulangan bunyi seperti pada slogan Kelasku bersih, pikiranku jernih, prestasi kuraih. (B)


      Menulis Iklan sesuai dengan Konteks
      1. Perhatikan iklan baris berikut.
        Djl cpt laptop Wuchida 12'htm, bgs, tgn ptma 2011 hrg 2jt ng. Hub Afandi ....

        Penulisan alamat yang sesuai untuk iklan di atas adalah ...
        1. Jalan Kartini Nomor 123 Bekasi Barat.
        2. Jl. Krt Bks Brt.
        3. Jln. Kartini 123 Bekasi Brt.
        4. Bks Brt 123.
      Jawaban:
      Kutipan iklan baris tersebut harus dilengkapi dengan alamat Afandi. Penulisan iklan baris hendaknya disingkat, tetapi yang mudah dipahami dengan tetap memperhatikan kelengkapan informasi. Isian yang tepat sesuai syarat tersebut adalah jawaban (C)


      Menyusun Petunjuk Melakukan Sesuatu
      1. Bacalah kalimat-kalimat berikut.
        Petunjuk Menanam Tanaman dengan Hidroponik.
        1) Siapkan pot plastik yang diisi dengan pasir dan humus hingga 3/4 bagian.
        2) Tanamlah bibit tomat yang sudah disediakan.
        3) Pengembangan tanaman secara hidroponik dapat dilakukan dengan cara-cara berikut.
        4) Siapkan bibit tanaman yang akan ditanam.
        5) Siram secara teratur agar tanaman bisa berkembang dengan baik.

        Urutan kalimat yang tepat untuk menanam tanaman secara hidroponik adalah ...
        1. 3) - 1) - 4) - 2) - 5)
        2. 1) - 4) - 3) - 2) - 5)
        3. 3) - 4) - 1) - 5) - 2)
        4. 1) - 3) - 4) - 5) - 2)
      Jawaban:
      Penulisan petunjuk melakukan sesuatu tentu harus dilakukan secara runtut atau sistematis. Urutan logis petunjuk menanam tanaman dengan sistem hidroponik yang tepat adalah 3) - 1) - 4) - 2) - 5). (A)


      Menulis Teks Pidato
      1. Perhatikan kutipan pidato berikut.
        Bapak-bapak, ibu-ibu sekalian. Marilah kita tingkatkan pengawasan terhadap anak-anak kita agar terhindar dari berbagai kenakalan remaja. Pasalnya, saat ini banyak remaja yang sering melakukan kriminalitas karena kurang pengawasan orang tua.

        Perbaikan sapaan dalam kutipan tersebut yang tepat adalah ...
        1. Bapak, ibu sekalian.
        2. Para Bapak, ibu sekalian.
        3. Para bapak-bapak, ibu-ibu.
        4. Para Bapak, ibu-ibu sekalian.
      Jawaban:
      Pengguna sapaan harus efektif. Kata ulang "bapak-bapak, ibu-ibu" sudah bermakna jamak sehingga tidak boleh menggunakan "sekalian, para". (A)


      Menulis Rumusan Masalah, Saran, Daftar Pustaka Karya Ilmiah
      1. Perhatikan tema berikut.
        Tema: Pengaruh facebook terhadap prestasi siswa.

        Rumusan masalah yang sesuai dengan tema tersebut adalah ...
        1. Bagaimana pengaruh facebook terhadap prestasi belajar siswa?
        2. Mengapa facebook berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa?
        3. Apakah facebook berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa?
        4. Kapan facebook berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa?
      Jawaban:
      Rumusan masalah hendaknya yang bersifat objektif sehingga dihindari kata tanya "mengapa". Selain itu rumusan masalah hendaknya dapat diuraikan sehingga yang paling tepat diawali kata tanya "Bagaimana". (A)


      Menyunting Kalimat, Ejaan/Tanda Baca, Pilihan Kata
      1. Perhatikan kalimat berikut.
        Adik tidak suka makan sate dan bakso tetapi gulai dan rendang.

        Tanda baca yang tepat digunakan dalam kalimat tersebut adalah ...
        1. Adik tidak suka makan sate, dan bakso tetapi gulai, dan rendang.
        2. Adik tidak suka makan sate dan bakso, tetapi gulai dan rendang.
        3. Adik tidak suka makan sate, dan, bakso, tetapi gulai, dan rendang.
        4. Adik tidak suka makan sate, dan bakso, tetapi gulai, dan, rendang.
      Jawaban:
      Di depan konjungsi "dan" baru akan diberi tanda koma (,) jika rinciannya lebih dari dua, karena rincian kalimat tersebut hanya dua tidak perlu menggunakan tanda koma. Konjungsi "tetapi" adalah konjungsi setara yang di depannya harus menggunakan tanda koma. (B)


      Melengkapi Pantun
      1. Perhatikan kutipan pantun berikut.
        Anak ayam turun sepuluh
        [...]
        Tuntut ilmu dengan sungguh-sungguh
        [...]

        Larik yang tepat melengkapi pantun tersebut adalah ...
        1. Nenek tua terlihat sepuh
          Bila ingin bahagia sungguh
        2. Bila hidup janganlah mengeluh
          Karena hanya akan membuat rapuh
        3. Mati satu tinggal sembilan
          Jangan sampai ada ketinggalan
        4. Sepuluhnya sudah hilang
          Janganlah lupa untuk dikenang
      Jawaban:
      Pantun adalah puisi lama yang bersajak a - b - a - b, baris pertama dan kedua sampiran, baris ketiga dan keempat isi. Larik yang tepat berdasar syarat tersebut ada pada pilihan (C)


      Melengkapi Puisi
      1. Perhatikan kutipan puisi berikut.
        Dalam doa malam, ku terjaga
        Mata memandang harap sejuta bahagia
        Kan kuraih
        [...]
        Ku tetap selalu terjaga, memohon di pintu-Mu

        Larik bermajas yang tepat untuk melengkapi larik puisi di atas adalah ...
        1. Meski angin malam meraung
        2. Hanya atas ridho-Mu, Tuhan
        3. Tak pernah aku lelah
        4. Ku kan selalu mencoba bertahan
      Jawaban:
      Larik bermajas yang ada di antara empat pilihan tersebut hanya pada jawaban A yaitu menggunakan majas personifikasi. (A)


      Melengkapi Naskah Drama
      1. Perhatikan kutipan puisi berikut.
        Pak RT : "Maaf Bu, saya mendapat laporan dari tetangga bahwa Ibu Shita sering membuang sampah sembarangan sehingga mengotori halaman rumah Bu Nindy. Apa benar demikian?"
        Bu Shita : "Saya tidak pernah merasa mengotori rumah Bu Nindy." Hanya saja memang saya membuang sampah di halaman rumah Bu Nindy, itupun di belakang rumah." (sambil menunduk menyesal)
        Pak RT : "Kalau begitu ada baiknya, Ibu Shita meminta maaf saja kepada Bu Nindy."
        Bu Shita : 1) [...]
        Pak RT : Baiklah, kalau begitu semua sudah tidak ada masalah. Saya permisi dulu Bu. (Sambil mengajak Bu Shita bersalaman)
        Bu Shita : Iya Pak, silahkan

        Dialog yang tepat untuk melengkapi dialog bu Shita dalam bagian rumpang nomor 1 adalah ...
        1. Ya tidak bisa begitu. Saya kan tidak bersalah, pak.
        2. Mungkin lain waktu saja Pak kalau saya memiliki waktu luang.
        3. Iya Pak. Nanti saya akan segera menemui Bu Nindy untuk meminta maaf.
        4. Minta maaf tentu saja tidak cukup, Pak dalam masalah ini.
      Jawaban:
      Dialog Pak RT sebelum bagian yang rumpang menyarankan Bu Shita agar meminta maaf kepada Bu Nindy, sedangkan dialog Pak RT setelah bagian yang rumpang, mengatakan bahwa sudah tidak ada masalah lagi. Jadi dialog yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang adalah jawaban (C)

      Teman-teman sudah menguasaikah Contoh Soal UN SMP Bahasa Indonesia Berdasarkan Kisi-kisi 2017 yang dituliskan di atas? Jika masih ada yang belum dimengerti, teman-teman dapat mengulang kembali dan lakukan pemahaman secara perlahan. Dan bagi yang sudah menguasai, jangan buang-buang waktu lagi, segera pelajari contoh soal UN SMP/MTs dengan mata pelajaran lain. Semakin cepat menguasai banyak soal, semakin besar kemungkinan teman-teman mendapatkan nilai yang memuaskan.
      Download Soal-Soal Dalam Bentuk
      https://drive.google.com/open?id=0B0a0VbVlGn-OSlkweG9nNUJEQWM
      Download Soal-Soal Dalam Bentuk
      https://drive.google.com/open?id=0B0a0VbVlGn-OQ1F1cHpWc0ZaT0U
      (  Password: soalujiannasional.org  )

      1 comments:

      PERTANYAAN/SARAN/KOREKSI DAPAT TEMAN-TEMAN SAMPAIKAN DI SINI